“Terwujudnya Sumber Daya Manusia Yang Cerdas, Kompetitif, Terampil dan Berkarakteristik"

   
 

V i s i


Adapun visi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ende Tahun 2014 – 2019 adalah :
“ Terwujudnya Sumber Daya Manusia Yang Cerdas, Kompetitif, Terampil dan Berkarakteristik Berlandaskan Nilai – Nilai Budaya Menuju Masyarakat Yang Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan.”

Makna nilai – nilai pokok di dalam visi diatas, dijabarkan sebagai berikut :

 

1.    Cerdas


Yang dimaksud cerdas kompetitif adalah integrasi yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai dengan mewujudkan masyarakat Kabupaten Ende yang :

  1. Cerdas Spiritual melalui aktualisasi olah hati untuk menumbuhkan dan memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta menumbuhkan akhlak mulia dan budi pekerti serta kepribadian yang luhur;
  2. Cerdas emosional dan sosial melalui aktualisasi olah rasa untuk meningkatkan sensitifitas dan apresiatifitas akan keindahan seni dan budaya serta interaksi sosial dengan membina dan memupuk hubungan timbal balik, demokratis, empatik dan simpatik, menjunjung tinggi hak asasi manusia, ceria dan percaya diri, jujur, menghargai orang lain, berwawasan kebangsaan dan sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga masyarakat;
  3. Cerdas Intelektual melalui olah pikir untuk memperoleh kompetensi dan kemandirian dalam ilmu pengetahuan dan teknologi;
  4. Cerdas Kinestetis melalui olah raga untuk mewujudkan insan yang sehat, bugar, berdaya tahan, sigap, terampil dan cekatan.

 

2.    Kompetitf : Kemapuan untuk bersaing


3.    Terampil, artinya :

 

  • Memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan
  • Cakap dalam menyelesaikan tugas, mampu dan cekatan.

 

4.  Berkarakteristik,

 

artinya : berkepribadian, bersifat, berperilaku, berwatak, dan bertabiat

Secara lengkap dan utuh visi tersebut mengandung pengertian cita – cita luhur masyarakat Kabupaten Ende, yang sempurna perkembangan akal budi, sehat jasmani dan rohani, mampu beradaptasi dengan lingkungan dan cakap dalam menyelesaikan tugas, serta berkepribadian, bersifat, berperilaku, berwatak dan bertabiat yang baik juga mempunyai daya saing menghadapi perkembangan global menuju masyarakat yang mandiri, sejahtera dan berkeadilan.
Visi tersebut diatas didasarkan pada tugas pokok dan fungsi serta kewenangan yang diemban Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ende dan menjadi arah atau pedoman dalam pelaksanaan tugas guna mencapai sasarn pembangunan pendidikan pemuda dan olahraga di Kabupaten Ende 5 (lima) tahun ke depan.

 

M i s i


Untuk mencapai visi tersebut, maka harus dijabarkan lebih lanjut dalam rumusan Misi Dinas Pendidkan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ende sebagai berikut :

1.    Meningkatkan sistem pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi;
2.    Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan;
3.    Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan pendidikan pemuda dan olahraga.